Breaking News
Loading...
Sabtu, 14 Maret 2015

Tradisi atau Upacara kelahiran Suku Toraja

Assalamu'alaikum

Sudah pernah mendengar upacara/tradisi kematian suku toraja?Saya rasa pasti sudah banyak yang pernah mendengar,karena sering sekali kita tonton di televisi.Tapi ternyata tidak hanya upacara kematian saja namun ada juga upacara kelahiran seorang bayi yang dinamakan Aluk Ma'lolo.Dalam upacara ini tali pusar dari bayi yang baru lahir dikubur di bawah tangga rumah yang letaknya di sebelah timur.Pada penguburan tersebut lalu dipanjatkan doa agar saat tumbuh dewasa bisa menjadi orang yang bijaksana.

Lalu apa maksud atau tujuan dari upacara tersebut?maksudnya adalah agar setelah tumbuh dewasa nanti ia tidak lupa dengan kampung halamannya,apalagi saat merantau dan juga selalu bersikap sopan tingkah laku ataupun ucapan dengan tidak mau mengucapkan kata yang mengandung arti pembodohan.

Ada kepercayaan suku toraja bahwa nasib seseorang sudah ditentukan sebelum dia lahir oleh dewa yang disebut 'dalle'.Namun nasib tersebut masih bisa dikembangkan hingga bayi itu bisa mendapat kebahagiaan saat ia dewasa.
Terus kapan waktu dan tempat pelaksanaan upacara ini?upacara Aluk Ma'lolo ini dilaksanakan pada pagi hari dan dilakukan di sebelah timur rumah Tongkonan.Aluk Ma'lolo dilaksanakan di pagi hari dan di bagian timur rumah Tongkonan karena berarti terbitnya matahari pada pagi hari dan di sebelah timur yang dianggap sebagai awal dari suatu kehidupan baru.

Lalu apa sih rumah tongkonan itu?.Menurut cerita rakyat suku toraja tongkonan awalnya dibangun di surga dengan empat tiang,namun ketika para leluhur mereka turun ke bumi mereka membangun tongkonan rumah tersebut lalu membuat upacara besar.Tidak hanya sekedar rumah biasa tongkonan juga merupakan pusat kehidupan sosial sampai kegiatan yang berhubungan dengan adat atau spiritual suku toraja.

Sebenarnya Aluk Ma'lolo adalah salah satu upacara yang tergabung dalam upacara Rambu Tuka.Upacara lain yang juga tergabung dalam upacara Rambu tuka adalah Mangrara Banua dan Aluk Tanaman,upacara rambu tuka itu sendiri adalah pesta kebahagiaan.

Sumber Referensi:
bimbingan.org

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer