Breaking News
Loading...
Rabu, 04 November 2015

New Media Webtoon

 
Pengertian

    Pengertian new media secara eksklusif merujuk pada teknologi komputer yang menekankan bentuk dan konteks budaya yang mana teknologi digunakan, seperti dalam seni, film, perdagangan, sains dan diatas itu semua internet. Sementara Digital media merupakan kecenderungan kepada kebebasan teknologi itu sendiri sebagai karakteristik sebuah medium, atau merefleksikan teknologi digital (Dewdney and Ride. 2006 : 8 & 20).
       Untuk melakukan intergrasi dengan media baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggan setianya, baik pembaca online maupun cetak. Perkembangan media baru sebenarnya merujuk kepada sebuah perubahan dalam proses produksi media, distribusi dan penggunaan. Media baru tidak terlepas dari key term seperti digitality, interactivity, hypertextuality, dispersal dan virtuality (Lister, 2003 : 13).  Dalam konsep digitality semua proses media digital diubah (disimpan) ke dalam bilangan, sehingga keluarannya (out put) dalam bentuk sumber online, digital disk, atau memory drives yang akan diubah dan diterima dalam layar monitor atau dalam bentuk ‘hard copy’. Konsep Interactivity merujuk kepada adanya kesempatan dimana teks dalam media baru mampu memberikan users untuk ‘write back into the text’. Sedangkan konsep dispersal media baru lebih kepada proses produksi dan distribusi media menjadi decentralised dan mengandalkan keaktifan individu (highly individuated). Batasan new media sering disamakan dengan digital media, yang semestinya new media lebih pada konteks dan konsep budaya kontemporer dari parktik media daripada seperangkat teknologi itu sendiri (medium).

Contoh New Media :

Webtoon



       Banyak dari kita mungkin sudah pada kenal dengan yang namanya webtoon ini.Webtoon merupakan salah satu layanan dari Line agar pengguna bisa membaca komik digital di smartphone.Webtoon ini merupakan singkatan dari web cartoon atau yang berarti komik online.Layanan pada webtoon ini selain menarik tapi juga tentunya Gratis.Pengguna pun tak perlu repot-repot untuk mendownloadnya menjadi ebook,namun kita bisa langsung menikmati komik ini secara langsung pada aplikasinya,tapi jika ingin mendowloadnya pun tetap bisa,tidak hanya pada aplikasi mobile android saja,Webtoon bisa juga di akses pada website langsungnya di www.webtoons.com . Dalam webtoon tersedia banyak pilihan komik yang menarik mulai dari genre drama,fantasi,komedi,romantis,sampai genre horror.Bahkan sekarang sudah ada komik webtoon yang bila kita membacanya akan mengeluarkan suara yang pastinya akan menambah nilai tersendiri saat kita membacanya.
      Ada lagi yang menarik dari webtoon ini,yaitu webtoon challenge,di sini para komikus dapat mengupload komiknya sendiri dan di terbitkan.Jika komik tersebut menjadi populer dan berkualitas komikus tersebut berpeluang menjadi komikus tetap di webtoon dan tentunya akan terkenal loh!.




 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer