Breaking News
Loading...
Rabu, 28 Maret 2018

Contoh Komputasi modern

Komputasi modern bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
  1. Akurasi (big, Floating point)
  2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
  3. ProblemVolume Besar (Down Sizzing atau pararel)
  4. Modelling (NN & GA)
  5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
  • Sejarah Komputasi Modern
Awal mula dari komputasi adalah adanya perhitungan-perhitungan angka yang dilakukan manusia. Manusia telah mengenal angka dan perhitungan sejak berabad-abad yang lalu. Bangsa romawi pun telah dapat menghitung sistem kalender dan rasi bintang. Seiring dengan perkembangan zaman manusia pun melakukan perhitungan-perhitungan yang lebih kompleks. Otak manusia juga mengalami keterbatasan dalam menghitung angka yang jumlahnya bisa berdigit-digit, kemudian diciptakan alat sempoa untuk menghitung, kemudian dikembangkan menjadi kalkulator, Karena semakin berkembangnya alat dan kebutuhan semakin banyak pula data-data yang ingin dihitung, dan mulailah ide pembuatan untuk membuat komputer sebagai alat hitung dengan konsep komputasi modern. Tidak hanya itu, komputer yang diciptakan hingga sekarang ini bukan menjadi sebuah alat yang digunakan untuk menghitung, tapi juga bisa menyimpan, mengedit dan mengolah kata serta masih banyak lagi kegunaan dan kelebihan yang dimiliki oleh komputer.
Sejarah perkembangan komputasi modern dimulai dari seseorang ilmuan yang ternama dari hungaria bernama John Von Neumann (1903-1957). Von Neumann seorang ilmuan yang belajar dari Berlin dan Zurich dan mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Berkat keahlian dan kepiawaiannya Von Neumann dalam bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II , dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer.
Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. Setelah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton serta menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies. Dipicu ketertarikannya pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori. berdasarkan beberapa definisi di atas, maka komputasi modern dapat diartikan sebagai suatu pemecahan masalah berdasarkan suatu inputan dengan menggunakan algoritma dimana penerapannya menggunakan berbagai teknologi yang telah berkembang seperti komputer.

Contoh website yang menerapkan komputasi modern
                Website yang akan saya bahas di sini adalah kitabisa.com. Kitabisa.com merupakan situs crowdfunding yang khusus untuk kampanmye sosial seperti pengalangan dana bencana alam, dan lainnya yang berbau sosial. Pada halaman utama website tersebut bisa kita lihat donasi yang telah terkumpul hingga sekarang, pada saat tulisan ini dibuat donasi yang terkumpul adalah sebanyak 236 miliar lebih. Sedangkan Campaign yang terdaftar di kitabisa.com adalah sebanyak 9516 campaign.




             Kenapa harus di kitabisa.com? ada beberapa hal yang ditawarkan kitabisa.com pada para campaigner, diantaranya adalah : 

  1. Cepat, untuk membuat halaman campaign, campaigner hanya butuh waktu 5 menit saja.
  2. Transparan, Pencatatan donasi yang dilakukan secara real-time dan dapat dilihat oleh siapa saja.
  3. Mudah, Donasi dapat diterima via transfer atau dengan kartu kredit.
  4. Fleksibel, Donasi dapat dicairkan kapan saja.
Mungkin ada yang bertanya, adakah dana yang harus dikeluarkan untuk membuat halaman campaign di kita bisa?. Jawabannya adalah tidak, untuk membuat halaman saja di kita bisa memang gratis, namun untuk setiap donasi yang terkumpul, Kitabisa mengenakan biaya administrasi platform sebanyak 5%. Kecuali untuk kategori zakat dan bencana alam yang diinisiasi oleh lembaga resmi / NGO. Fee yang terkumpul ini digunakan sebagai penunjang kebutuhan operasional dan pengembangan produk.

Penggalangan Dana di Kitabisa

              Kitabisa memfasilitasi siapa saja yang ingin menggalang dana. Kitabisa telah digunnakan oleh ribuan pengguna mulai dari NGO global, yayasan lokal, komunitas, himpunan alumni, mahasiswa, artis, hingga individu yang ingin menggalang dana untuk tujuan membantu sesama atau menciptakan karya. 




Campaigner yang ingin menggalang dana di kitabisa dapat mengirim proposal galang dana ke pihak kitabisa. Setiap campaigner wajib menyertakan ID KTP, foto diri terbaru, akun social media, dan jika diperlukan akan diwawancarai melalui telfon untuk melewati proses verifikasinya. Jika tidak terverifikasi, maka user tersebut tidak dapat mencairkan donasi yang terkumpul. Kitabisa mewajibkan pula kepada campaigner untuk membuat update dan laporan penggunaan dana melalui halaman campaigner kitabisa.com. Galang dana yang dilakukan dapat dalam hal seperti apa saja, seperti bantuan untuk biaya pengobatan, memberikan beasiswa bagi yang membutuhkan, program yayasan/panti asuhan, mendirikan rumah ibadah/sekolah, santunan bencana alam sampai galang dana antar alumni/komunitas.


Donasi di Kitabisa

              Cukup banyak penggalangan dana yang ada di kitabisa, menurut kitabisa terdapat ribuan orang setiap harinya yang menggalang dana di kitabisa.com. Sebelum memilih campaign kita harus login terlebih dahulu untuk melakukan donasi , bisa menggunakan akun social media seperti facebook atau akun google anda, bisa juga membuat akun kitabisa anda sendiri. Jika sudah login akan ada tampilan dashboard dari donatur seperti berikut.


Dari dashboard ini kita bisa melihat campaign yang telah dibuat, donasi , dompet, dan detail profil akun.



Untuk melakukan donasi, donatur dapat memilih terlebih dahulu campaign yang akan didonasikan. Terdapat banyak kategori yang dapat dipilih, seperti beasiswa & pendidikan, balita & anak sakit, rumah ibadah, kemanusiaan, modal usaha, dan masih banyak lagi.



Setelah memilih campaign yang dirasa yakin ingin anda donasikan, anda bisa melihat terlebih dahulu detail yang diberikan dari campaign tersebut. Anda juga bisa melihat daftar donatur yang sudah berdonasi sebelumnya beserta target dan donasi yang sudah terkumpul, bahkan ada bisa juga mengirim pesan kepada campaigner melalui fitur pesan yang telah disediakan. 

          Melakukan Transaksi di kitabisa pun menurut saya cukup mudah dan simple, pada halaman donasi cukup masukkan nominal yang ingin didonasikan kepada campaign yang dipilih, lalu masukkan komentar yang ingin disampaikan untuk mendukung campaign tersebut. Kita bisa memilih sebagai donatur anonim atau menunjukan nama anda di daftar donatur. 



Terdapat dua metode pembayaran di kitabisa.com, seperti melalui Dompet / e-Wallet atau bisa juga melalui transfer ke beberapa bank yang didukung kitabisa dan juga melalui Credit Card. Setelah itu akan ada nominal khusus untuk melakukan transfer, seperti kode unik untuk konfirmasi otomatis by system dan pihak kitabisa akan mengirim detail transfer via email. Jika sudah transfer dan telah terkonfirmasi secara otomatis atau di cancel maka pihak donatur akan mendapat pesan via sms atau email dari kitabisa.com dan proses donasi pun selesai.

            Menurut saya sendiri website kitabisa.com ini mulai dari sisi UI dan juga UX yang ditampilkan cukup bagus, dan sebagai user saya cukup nyaman melihat dan mengaksesnya. Sedangkan dari sisi donatur ataupun campaigner juga sangat mudah, donatur cukup terbantu dengan proses pembayaran yang singkat dan mudah, terlebih lagi dengan fitur verifikasi otomatis yang tidak perlu melakukan konfirmasi manual setelah melakukan transfer bank. Namun untuk berdonasi, kita sebagai donatur harus lebih selektif terhadap campaign yang akan kita donasikan. Karena kitabisa.com sebagai open platform tidak bisa 100% memastikan keaslian dari suatu campaign. Jadi donatur harus lebih selektif memilih campaign yang telah dikenal/dipercaya agar tidak salah dalam mendonasikan dana kita. Dengan adanya website kitabisa.com ini akan terasa manfaatnya, karena akan lebih transparan, akuntabel dan juga lebih mudah dalam memviralkan campaign melalui online.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer